Tantangan-Pengembangan-Fintech-Human-Capital-Technology

Tantangan Pengembangan Fintech: Human Capital Technology

Industri financial technology (fintech) di Indonesia perlu menjawab tantangan perkembangan zaman untuk terus maju dengan pesat. Setiap hari masyarakat sebagai pelanggan dari fintech merasa terakomodasi dengan berbagai layanan yang disediakan oleh berbagai perusahaan fintech. Oleh karena itu sudah sepatutnya fintech terus meningkatkan modal sumber daya manusianya (human capital) di samping modal keuangannya (financial capital).

Mira Sonia, Direktur Pemasaran PT Swakarya Insan Mandiri (SIM Group) mengatakan bahwa fintech adalah heart of digital business, garda depan perekonomian dan bisnis digital saat ini.Oleh karena itu, menurutnya, perusahaan fintech perlu memperhatikan pengelolaan karyawan di industri yang masih terhitung baru ini. Khususnya di bidang rekrutmen SDM dan segala hal yang berhubungan dengan hubungan industrial atau industrial relation seperti: pengelolaan kontrak kerja karyawan, penyimpanan kontrak kerja, regulasi pemerintah dan sebagainya.

Menurut Mira, regulasi pemerintah yang mengatur bidang ketenagakerjaan cukup banyak, dan juga khususnya yang mengatur tentang industri fintech, sehingga akan lebih baik apabila perusahaan fintech tetap fokus dalam mengembangkan usahanya dan menyerahkan pengelolaan SDM-nya di bidang rekrutmen dan industrial relation kepada pihak ketiga.

Inovasi Sistem Human Capital di Industri Fintech
Untuk menjawab tantangan tersebut, inovasi terbaru yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan outsourcing berbasis teknologi digital (SIM Group) memberikan jawaban dengan teknologi yang disebut i-Move-Integrated Mobile Verification. Aplikasi ini dapat membantu proses verifikasi data lapangan menjadi lebih akurat dan valid ke komunitas pembiayaan dan lembaga keuangan dengan output e-verification document sehingga pengiriman laporan hasil verifikasi menjadi lebih cepat dan mudah.

i-Move akan memudahkan perusahaan pembiayaan memproses kesahihan (verifikasi) data calon pelanggan maupun pelanggan dengan kemampuan verifikasi yang lebih akurat karena tingkat kesahihannya yang sangat tinggi. Kecanggihan yang dimiliki i-Move tersebut bisa dipastikan karena platform ini memiliki berbagai macam fitur unggulan, antara lain fitur verifikasi dokumen elektronik (e-verification document) yang memungkinkan untuk para pengguna saat mengirim laporan verifikasi menjadi lebih cepat dan mudah, serta mempercepat proses verifikasi di lapangan yang diproses berjalan dalam tempo yang akurat.

Dengan demikian penggunaan i-Move akan mampu meningkatkan proses verifikasi hingga 85% lebih cepat dibandingkan proses verifikasi konvensional secara manual. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan di sektor pembiayaan, fintech dan perbankan.

Solusi Penagihan (Collection) Berbasis IT
Perusahaan fintech yang fokus beroperasi dalam bisnis pinjaman keuangan atau peer to peer lending juga memerlukan dukungan dari pihak lainnya di bidang back-end seperti collection alias penagihan. Untuk permasalahan penagihan ini, pihak SIM Group juga menawarkan layanan Smart Collection System.

Dalam hal ini, SIM Group telah berhasil menggandeng sejumlah perusahaan fintech sebagai klien seperti Kredivo, Akulaku dan Kredit Pintar. Beberapa perusahaan fintech tersebut telah menggunakan berbagai layanan SIM Group, yang salah satunya adalah Smart Collection System.

Keunggulan sistem penagihan Smart Collection System dari SIM Group adalah kemampuan mengkustomisasi sistem penagihan berdasarkan regional atau wilayah, tanggal overdue atau tanggal jatuh tempo, dan juga berdasarkan nominal atau jumlah penagihan. Dengan metode tersebut akan memungkinkan klien dan SIM Group untuk merumuskan strategi yang tepat dalam hal collection kewajiban customer yang akan meningkatkan success call rate dan juga success paid rate (keberhasilan tagihan yang dibayar konsumen).

Bagaimana kami dapat membantu Anda?

SMART Legal Consulting adalah Konsultan Jasa Legal Korporasi. Kami memiliki pengalaman dalam membantu Klien dari segi hukum pada saat Klien kami berinvestasi di Indonesia. Mulai dari pendirian PT PMA, hingga pengurusan izin-izin usaha.

Silahkan menghubungi SMART untuk mengatur waktu pertemuan anda dengan kami:

Email : info@smartcolaw.com
Hotline/Whatsapp : +62821-1234-1235
Office : +6221-80674920

Follow by Email
Facebook
Google+
https://blog.smartcolaw.com/tantangan-pengembangan-fintech-human-capital-technology/
Twitter
LINKEDIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*