Legal Due Diligence Untuk Mendeteksi Persoalan

Sebagai konsultan hukum, kami harus memeriksa berbagai aspek mulai dari dokumen korporasi, akta pendirian hingga perubahan Anggaran Dasar terakhir. Lalu juga Perizinan umum seperti Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Domisili Perusahaan, dan sebagainya. Kemudian, bagian krusial seperti keabsahan Perizinan terkait Bisnis Operasional perusahaan, yaitu IUP Eksplorasi dengan dokumen-dokumen bukti pemenuhan kewajiban lainnya. Tak ketinggalan Perikatan (red. perjanjian) dengan pihak ketiga terutama terkait dengan adanya kucuran pinjaman dana dan jaminan-jaminan. Serta dokumen-dokumen yang biasa kami mintakan dalam LDD.

Dari proses LDD , kami melihat ada kejanggalan. Untuk dokumen korporasi, tidak ada perubahan sama sekali dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Kami pun meminta konfirmasi dari pihak penanggungjawab perusahaan target. Namun, mereka mengkonfirmasi bahwa tidak ada lagi perubahan apa pun setelah akta terakhir yang diberikan kepada kami.

legal-blog-smart

Akhirnya kami hanya memeriksa berdasarkan dokumen-dokumen yang diserahkan kepada kami. Namun, hasrat untuk ingin tahu lebih dalam tidak bisa dibendung. Kami melakukan independent research untuk mengkonfirmasi pemegang saham, Direksi dan Dewan Komisaris terakhir perusahaan tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan. Kami memang wajib mengetahui informasi ini sebelum menyusun draft-draft perjanjian transaksional.

Ternyata setelah kami telusuri secara independen, kami mengetahui dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, bahwa pemegang saham perusahaan ini sudah berganti tiga kali sejak akta terakhir yang diserahkan manajemen perusahaan target kepada kami. Wah, temuan ini langsung kami catatkan dalam LDD report kami.

Hampir saja klien kami tertipu. Ternyata, pihak yang ditemui oleh klien kami bukan lagi menjadi pemegang saham dalam perusahaan tersebut. Bayangkan bagaimana repotnya jika sudah terlanjur tertipu? Selain waktu dan tenaga sudah terbuang, Anda harus mengalokasikan lagi biaya untuk mengurus pengajuan proses upaya hukum di muka pengadilan.

Memang LDD ini mengeluarkan biaya, tapi jangan menilai dana yang digunakan untuk LDD ini sebagai biaya. Namun sebagai investasi   Anda untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

“Be smart, be strategic”

Niken Nydia Nathania / Bimo Prasetio

Demikian tips meneropong risiko berinvestasi, konsultasi hukum bisnis silahkan menghubungi SMART untuk mengatur waktu pertemuan anda dengan kami:

E: info@smartcolaw.com

H: +62821-1234-1235

O: +6221- 2278-3385

Follow by Email
Facebook
Google+
https://blog.smartcolaw.com/legal-due-diligence-untuk-mendeteksi-persoalan/
Twitter
LINKEDIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*